Kemampuan membaca si kecil akan semakin terasah, manakala Anda sering mengenalkan buku dalam setiap aktivitasnya. Anda juga perlu menciptakan suasana yang menarik agar si kecil bisa lebih semangat saat menjalani proses belajar membaca.  Setelah kenyamanan dapat Anda hadirkan, berikutnya tinggal menerapkan langkah yang mudah untuk mengajarinya. Secara lebih lengkap dapat Anda perhatikan dalam ulasan di bawah ini.
Walaupun sebuah bintang yang dapat ditempelkan diatas kertas sebagai penilaian baiknya/kesungguhannya dalam belajar, ternyata dari kecil saja anak sudah mampu memahami apa itu sebuah pujian/penghargaan. Jangan sungkan-sungkan mengatakan kebenaran kepada anak dan memujinya jika ia memang benar. Tidak salah jika Anda memberikan sesuatu makanan yang disukai anak. Misalnya saja coklat atau roti yang bisa merangsang kemauan anak untuk belajar.
Ketika kalian membaca salawat pada Nabi (saw) maka kalian harus membersihkan diri. Jika kalian ingin salawat itu menjadi tingkatan salawat yang tertinggi, maka berwudhulah terlebih dahulu dan kemudian baru membaca salawat. Ketika Wudhu kalian batal maka segera mengambil wudhu kembali. Itulah sebabnya Para Syaikh dari berbagai tariqa dan Mawlana Syaikh Muhammad Nazim Adil al-Haqqani qs mengatakan bahwa dalam fikih, menurut hadits Nabi (saw), Setiap Mu'min harus menjaga wudhunya selama 24 jam. Bagaimana kita dapat menjaga wudhu selama 24 jam? Yaitu jaga wudhu kita selama kita terjaga dan sebelum kalian tidur buatlah wudhu yang baru dan kemudian tidur. Maka hal itu akan dianggap sebagai menjaga wudhu selama 24 jam. Dan kalian harus berusaha untuk senantiasa menjaga wudhu dan dalam keadaaan suci.
Terkadang orangtua tidak mengetahui apa yang mereka ajarkan kepada anak. Mereka hanya mengambil mentah-mentah apa yang ada di buku tanpa mengerti bagaimana menyampaikannya kepada anak. Sehingga ketika anak tidak memberikan respon yang diharapkan, orangtua mulai menekan dan memaksa. Lama-lama tingkat stres orangtua semakin meningkat jika anak tidak mengerti juga walaupun sudah diajarkan berulang-ulang. Bahkan menjadi frustasi hingga nada suara meninggi sampai membentak.
Jika di daerah kakak ada biMBA AIUEO, disarankan untuk datang ke biMBA AIUEO untuk menikmati fasilitas coba gratis sampai yakin, Karena biMBA AIUEO adalah satu-satunya lembaga pendidikan anak usia dini yang membimbing Minat Baca dan Belajar Anak. Di saat anak tumbuh minat belajar maka anak akan senang dengan kegiatan belajar. Jadi ketika minat belajar anak sudah tumbuh maka kemampuan membaca, menulis dan berhitung akan meningkat.

Tulisan ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi dalam mengajari 3 dari 4 anak saya yang sewaktu mereka memasuki usia pre school/toddler dan usia TK. Tepatnya pengalaman istri saya dalam mengajari anak-anak kami membaca huruf latin. Saya tidak tahu apakah sudah ada metode mengajari membaca seperti yang saya tulis ini atau belum. Jika sudah ada, tulisan ini semata-mata cerita pengalaman saya sendiri.
Berikan penghargaan untuk galakkan lebih banyak buku dibaca. Anak-anak kecil suka dihargai. Jika anak anda selesai membaca sebuah buku, hargailah mereka dengan cara yang betul. Mereka akan seronok bila usaha mereka membaca buku mendapat perhatian seperti ini. Penghargaan simple pun sudah memadai, contohnya ... "Waa dah habis baca ye, nanti abah bawa pergi kedai buku, kita cari buku lain lak ...". Kalau masih lagi kecil, boleh juga cuba ni, contohnya .. "Lepas abis baca buku ni, abah belanja makan kek Secret Recipe ehh". Paling tidak, pujilah anak anda dengan kerajinannya membaca buku.
Jika belum, maka yang perlu dilakukan adalah melatih kemampuan motorik halusnya terlebih dahulu. Jangan buru-buru mengajarinya menuliskan huruf atau angka, tetapi ajarkan si kecil untuk terbiasa memegang alat tulis terlebih dulu. Atau ajarkan ia untuk terampil menggunakan otot-otot halusnya. Hal itu juga berguna untuk melatih kemampuan motorik tangannya ketika memegang alat tulis. 
Lulusan S1/S2 Teknik UI yang mengkhususkan diri mengembangkan Terapi Akademik Metode Rumah TCare untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Terapi Akademik bisa untuk anak Autis, ADHD, ADD, Hiperaktif, Asperger, Sindrom Down, Cerebral Palsy, Disleksia, Diskalkulia, Disgrafia dan lainnya. Modul terapi dari mewarnai, menulis, membaca, berhitung dasar, bahasa, matematika. Dari anak PG s/d SMA.
Dorong mereka mendeskripsikan cerita kepada Anda. Setelah sesi membaca, doronglah mereka menceritakan cerita apa yang telah mereka baca pada Anda. Bantulah mereka menerangkan secara terperinci, namun jangan paksa mereka merespons secara lengkap. Cara yang mudah dan menyenangkan untuk mendorong mereka adalah dengan menggunakan boneka yang mencerminkan karakter dalam cerita, jadi anak Anda bisa menggunakannya untuk mendeskripsikan.

Membaca merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan ini. Kemampuan membaca harus diajarkan pada anak sejak dini secara bertahap supaya anak-anak mulai terbiasa dengan kemampuan tersebut sehingga kelak saat beranjak besar maka akan semakin lancar dan tidak perlu susah payah untuk mengajarkannya. Namun, saat mengajarkan cara membaca pada anak tentu ada sejumlah aspek penting yang sebaiknya Anda pertimbangkan dengan baik.
Ada banyak cara yang lebih menyenangkan dalam mengajari anak-anak membaca, khususnya untuk anak TK. Anak TK pastinya akan suka dengan cara yang menyenangkan misalnya susunan abjad yang berwarna-warni. Mengajari dengan cara yang lebih menyenangkan akan membuat si kecil lebih semangat dalam belajar membaca dan lebih mudah dalam mengingat apa yang telah dibaca.
Saya berminat untuk gunakan kaedah ini untk mengajar anak saya membaca BM. Anak saya berusia 5thn. Dia sudah pandai membaca BI sejak berusia 41/2thn, dgn menggunakan kaedah phonics juga (dari website STARFALL). Pada waktu ini, dia boleh membaca perkataan-perkataan Melayu tetapi kadang-kala ada bunyi perkataan yang bunyi BI. Jadi saya ingin meminta nasihat sama bagaimanakah cara saya menggunakan produk Puan Nik dgn lebih efektif dan tidak ada interference daripd BI? Dan apakah produk-produk yang harus saya beli? Terima kasih.
Butuh kesabaran tingkat tinggi untuk mengajarkan anak membaca, tapi jangan pernah menyerah. Jangan pula merasa sedih atau marah kalau perkembangannya tampak lebih lambat daripada anak lain usia sepantaran. Proses tumbuh kembang masing-masing anak tentu berbeda. Jangan pernah membandingkan kemampuan membaca anak Anda dengan yang lain. Bagaimanapun juga, anak Anda punya bakat dan kemampuan yang terbaik untuk dirinya sendiri.
Siapkan beberapa butir kacang hijau dan kacang kedelai. Juga dua buah gelas air mineral bekas, beri label pada masing-masing gelas plastik. Satu untuk kacang hijau, satu lagi untuk kacang kedelai. Ajak si kecil untuk memisahkan butiran kacang hijau dan kacang kedelai dan memasukkan ke tempat yang sudah disiapkan. Beri reward jika si kecil dapat dengan sabar dan teliti memisahkan kedunya. Bisa juga digunakan butiran yang lebih besar, misalkan kelereng. 
Membaca adalah hobi yang bermanfaat bagi siapa pun. Tidak hanya memperkaya wawasan dan pengetahuan, membaca juga mengasah imajinasi dan melatih berempati. Sudah banyak juga penelitian yang melaporkan bahwa hobi membaca dapat membuat hidup kita jadi lebih bahagia. Di sisi lain, kebiasaan membaca harus mulai ditanamkan sejak kecil agar terus berlanjut suka baca buku sampai dewasa. Nah, bagaimana cara mengajarkan anak mulai belajar membaca?
×