Remedial, berarti mengulang-ulang materi belajar sampai benar-benar paham. Kadang-kadang pengulangan dilakukan untuk mempelajari kebutuhan penyandang disleksia, terkait cara yang bersangkutan dalam memahami suatu hal. “Kalau anak normal mudah memahami huruf A dari bentuknya yang demikian, penyandang disleksia belum tentu seperti itu. Cara otak memahami sesuatu bisa berbeda, misalnya A dipahami sebagai sebuah bangun dengan sudut-sudut tertentu,” ungkap dr.Purboyo.
Guru Bahasa yang terlatih sepatutnya tahu bahawa mengajar kanak-kanak baca-tulis one-to-one adalah lebih berkesan daripada mengajar kanak-kanak secara berkumpulan(atau satu kelas). Apabila kanak-kanak diajar secara individu, guru dapat memberi perhatian penuh kepada kanak-kanak itu. Tak kiralah kaedah membaca apa sekali pun, pembelajaran one-to-one adalah lebih berkesan. Kemahiran membaca adalah kemahiran kompleks, mesti diajar & dilatih. Macam bawa kereta laa. Bukan setakat one-to-one lebih baik tapi mesti diajar setiap hari sehingga mahir.

Metode yang menghibur tentu akan bisa menarik perhatian anak dan bahkan bisa menjadikan anak keranjingan belajar. Lalu metode apa saja yang bisa membuat proses belajar anak terasa menyenangkan? Setidaknya ada 6 metode yang akan saya bagikan dan bisa anda coba lakukan. Keenam metode tersebut sudah saya cantumkan setelah ini, jadi baca terus sampai selesai artikel ini yah!


alat peraga edukatif aplikasi belajar aplikasi belajar bahasa inggris belajar bahasa inggris belajar mengeja cara belajar menulis cara cepat belajar membaca cara cepat belajar membaca dan menulis untuk anak cara membuat hiasan dinding kelas dari kertas origami cara mengajar cara mengajar anak paud cara mengajar anak paud tk sd cara mengajar anak sd cara mengajar anak tk cara mengajar efektif cara mengajar menyenangkan cara mengajar yang baik cara menghias kelas dengan kreatif cara menghias kelas yang unik contoh media pembelajaran interaktif dekorasi kelas dekorasi kelas terindah dekorasi kelas yang menarik film inspirasi pendidikan film pendidikan film tentang guru game belajar bahasa inggris guru adalah guru inspiratif hiasan dinding kelas hiasan kelas hiasan untuk kelas kbm online literasi media pembelajaran media pembelajaran interaktif media pembelajaran online menjadi guru inspiratif pengertian media pembelajaran interaktif permainan anak permainan anak yang mendidik sistem pendidikan di finlandia situs belajar online software pembuat media pembelajaran interaktif website pendidikan
Sering kali kita mendengar orangtua panik jika anaknya belum bisa membaca dengan lancar padahal sudah masuk tingkat Sekolah Dasar. Hal ini bagi sebagian orangtua cukup mengganggu karena fase belajar membaca sangat penting, terutama untuk mengikuti mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Jika mereka tidak bisa mengikuti pelajaran, kemungkinan besar anak akan menjadi stres, menutup diri, cenderung jadi bahan bullying, dan efek negatifnya mereka akan mengungkapkan perasaan ke dalam tingkah laku yang memberontak. Ketika orangtua sudah merasa mengajari anaknya belajar membaca rutin setiap hari, tetapi tidak ada kemajuan yang berarti, jangan dulu menyerah!
Semenjak saya mengusahakan tadika ini pada tahun 2004, bukan sedikit saya mendengar keluhan ibu bapa yang bimbang kerana anak mereka tidak kenal huruf. Ramai yang bimbang anak-anak tidak boleh membaca kerana tidak mengenal huruf. Sedangkan, berdasarkan pengalaman saya, anak-anak yang telah memahami konsep penggabungan bunyi bukan sahaja boleh membaca bahasa Melayu, bahkan dengan mudah boleh membaca Bahasa Inggeris dan Jawi

Biasanya anak tertarik dengan buku bergambar. Pilihlah buku dengan gambar berikut keterangannya. Misalnya buku tentang buah-buahan. Di dalamnya ada gambar buah-buahan dan tulisan nama buah di bawahnya. Misalnya gambar buah apel, di bawah tertulis a-p-e-l, dan seterusnya. Kemudian minta anak untuk membaca buku tersebut. Walau mungkin awalnya dia membaca karena melihat gambarnya, lama-lama dia akan terbiasa dan memahami makna dari sebuah kata. Bisa juga sediakan majalah anak-anak atau komik.


Bisa dengan jalan menggambar dan menuliskan apa yang ia senangi dalam hal menggambar. Memperlihatkan gambar dan membacakannya dengan lisan. Ketrampilan anak membaca akan berjalan seiring dengan ketrampilannya menulis dan mengingat sesuatu. Ketika Anda memutuskan untuk mengajarkan anak Anda membaca, Anda harus siap mengajarkan anak menulis dan menghafalkan sesuatu yang baru secara continue/berkelanjutan. Harus ada buku dan pensil untuk anak beserta tulisan bergambar yang digunakan untuk anak menghafal. Misalnya saja nama-nama buah, hewan atau bulan dan angka dengan gambar-gambar yang menarik! Pada umumnya anak akan termotivasi belajar jika ada hadiah untuknya sebelum atau sesudah berlatih membaca.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di usia 4 tahun ini juga Mom harus memiliki cara yang ampuh untuk mendidik Anak agar bisa menjadi pribadi yang cerdas dan juga mandiri. Didikan yang Mom berikan di usia dini akan sangat berpengaruh dengan kehidupannya kelak ketika beranjak remaja dan juga dewasa. Jadi pastikan Anda mendidik buah hati Anda dengan cara yang tepat.

Bila Anda tidak menemukan waktu yang tepat selama satu hari penuh, maka manfaatkanlah waktu sebelum tidur untuk membaca bersama buah hati Anda. Hal ini juga membantu memperkuat ikatan batin antara ibu dan anak. ”Membacakan cerita mendorong perkembangan bicara dan bahasa anak. Selain itu, membantu anak-anak belajar keterampilan keaksaraan dengan cara yang menyenangkan,” kata Dr Sung Min dari Institute of Mental Health di Singapura seperti dikutip laman HealthToday. com.
Ketika kalian memuji dan bersalawat kepada Nabi (saw) setiap hari, maka kalian akan memiliki banyak rahasia untuk meningkatkan Rezeki kalian. Mereka bertanya berapa banyak salawaat yang harus kami lakukan. Anda tidak perlu menanyakan pertanyaan ini selama lidah kalian dibasahi oleh salawat, maka ketika kalian memuji Nabi (saw), maka rahasia-rahasia ini akan keluar semakin banyak dan semakin terang.
Jangan khawatir tentang tata bahasa pada saat ini. Anak-anak prasekolah, taman kanak-kanak, dan tingkat pertama sangat konkret dalam cara mereka berpikir dan tidak dapat menangani konsep rumit. Hal ini tidak diperlukan pada tahap ini untuk mengajarkan mereka tentang konsonan, vokal, suara panjang dan pendek dan semacamnya. Mereka dapat belajar membaca dengan baik tanpa aturan. Pada titik ini, Anda perlu berkonsentrasi hanya pada keterampilan mekanik membaca, belajar untuk memecahkan kode kata-kata baru dan menggabungkan mereka dalam memori dan menjadikan anak anda lancar dalam membaca.

Rasa khawatir kerapkali datang ketika menyadari si buah hati tak begitu tertarik dengan bacaan. Sedikit rasa gemas seringkali muncul ketika anak yang diharapkan bisa belajar mandiri, malah lebih suka menonton tv. Bagaimana strategi agar aanak-anak kita bisa dengan sendirinya tumbuh kecintaan terhadap membaca? Strategi apa yang paling tepat agar tak membebani buah hati Anda? Seperti apa seharusnya kemampuan membaca yang diajarkan kepada sang anak?
Membaca merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan ini. Kemampuan membaca harus diajarkan pada anak sejak dini secara bertahap supaya anak-anak mulai terbiasa dengan kemampuan tersebut sehingga kelak saat beranjak besar maka akan semakin lancar dan tidak perlu susah payah untuk mengajarkannya. Namun, saat mengajarkan cara membaca pada anak tentu ada sejumlah aspek penting yang sebaiknya Anda pertimbangkan dengan baik.
#2thnMD AIMI Anna Surti Ariani ASI ASI Eksklusif ASIP Bebitang Black Garlic Breastfeeding diaper bag DIY dr. Meta Hanindita SpA ELC Elly Risman EXPERD FitnFab Gadget hamil ibu bekerja Investasi Komunikasi Marriage menyusui Me Time Mothercare MPASI Pampers parenting Pernikahan Pola Asuh Pregnancy Prita Ghozie Prita Hapsari Ghozie puasa QM Financial resep Sex Education Single Mom Social Media Stay at Home Mom Vera Itabiliana Hadiwidjojo working mom Working Mommies working mother ZAP Finance
Langkah mudah mengajarkan anak anda membaca. Apakah anak Anda siap untuk membaca? Apakah anak anda menunjukkan minat pada buku? Apakah Anda ingin mengajarinya membaca tetapi, tidak cukup tahu dari mana untuk memulainya?. Anak-anak belajar membaca lebih cepat dan lebih mudah jika mereka belajar menulis pada waktu yang sama. Memori motorik huruf, mendengarkan suara mereka dan melihat mereka secara tertulis akan memperkuat pembelajaran baru.

Setuju banget sama sharingnya, Mbak. Sy sudah 5 thn ini ngajar SD kelas 6 yg ikut UN. Kesulitan yg dihadapi murid-murid sy saat ngerjain soal2 bahasa indonesia adlh dlm membaca. Mereka tuh kebanyakan malas baca soal. Apalagi soal yg berbentuk teks atau narasi. Jd soal2 dibaca sepintas aja. Bagaimana mau mencari pokok pikiran, ide, atau gagasan dalam teks/narasi kl bacanya aja hanya sekedarnya. Belum lagi perbendaharaan kata2 yg kurang banyak. Jadi suka kesulitan kalo diminta mencari sinonim, antonim, atau mengartikan suatu kata dalam puisi. Dan itu sudah jadi gejala umum. Nggak heran, kl nilai UN bahasa Indonesia, baik tingkat SD sampai SMU paling kecil dibandingkan pelajaran lain. Saya sering tanya sama anak2 (murid), ternyata memang mereka ngga suka (ngga sering) baca buku. Jadi memang gemar baca buku itu penting banget ditumbuhkan sama anak2 kita

Perbanyaklah bersalawat dan hubungkan hatimu dengan Nabi Muhammad (saw). Jika kalian dapat terhubung dengan Rawdah atau terhubung dengan Ka'bah, maka berdoalah, "Ya Sayyidi, Ya RasulAllah, Ya Rahmatan lil`alamin, engkau adalah rahmat kasih sayang bagi semesta alam ini". Maka doa itu akan membawamu ke hadirat Nabi (saw). Jadi jika kalian ingin berada di tingkat yang lebih tinggi, maka kalian harus lakukan dengan cara seperti itu. Mustahidarin li anwar an-Nabi (saw). Hadir di hadapan Nabi (saw).

Bacakan sebuah dongeng yang menarik, tetapi hal ini tidak terlalu efektif, jika anak anda adalah anak yang aktif dan efeknya akan cepat bosan dan tidak akan suka dengan diceritakan dongeng lagi, solusinya mengganti dongen yang ingin anda ceritakan menjadi sebuah film yang dapat ditonton oleh anak dengan subtitle yang membantu anak mendengar dan terpacu untuk membaca dengan bantuan subtile pada video


Setelah anak terbiasa dengan suku kata berurutan, ajak anak untuk mulai memvariasi suku katanya. Anak bisa diajari membaca dengan penurunan konsonan B-Z pada suku kata seperti ba ca da fa, gi hi ji ki, dst. Jika anak mendapatkan kesulitan, bimbing anak dengan mengajaknya berpikir atau membacakan beberapa suku kata terlebih dahulu. Setelah anak bisa dan terbiasa dengan suku kata yang menurun, kita bisa mengajarinya suku kata lompat-lompat. Anda dapat menunjuk suku kata acak untuk dibaca, misalnya BU KU, BA JU, dst.
Peran keluarga juga dibutuhkan untuk memotivasi anak dalam belajar membaca. Seperti belajar bersama anggota keluarga lainnya sehingga anak tidak merasa belajar sendirian. Ajaklah anggota keluarga lain untuk memberikan dorongan kepada anak agar rajin belajar dan menjadi anak yang pintar. Bisa juga dengan meminta bantuan dari kakak-kakaknya yang untuk mengajarkannya membaca sambil bermain.
Bagi otak tidak ada bedanya apakah dia “melihat” atau “mendengar” sesuatu. Otak dapat mengerti keduanya dengan baik. Yang dibutuhkan adalah suara itu cukup kuat dan cukup jelas untuk didengar telinga, dan perkataan itu cukup besar dan cukup jelas untuk dilihat mata sehingga otak dapat menafsirkan. Kalau telinga menerima rangsang suara, baik sepatah kata atau pesan lisan, maka pesan pendengaran ini diuraikan menjadi serentetan impuls-impuls elektrokimia dan diteruskan ke otak yang bisa melihat untuk disusun dan diartikan menjadi kata-kata yang dapat dipahami.
Hal penting dalam Cara mengajari anak belajar membaca  yaitu jangan pernah memaksa anak untuk mengerti atau memahami kalimat atau kata yang Anda ajari. Sebab, dengan Anda memaksanya hanya akan membuat anak berontak dan tidak mau menuruti kemauan Anda. Anda hanya perlu memberikan atau mencari cara lain yang mengundang perhatian anak, agar anak mau belajar membaca. Dengan Anda marah memaksa, anak tidak hanya malas membaca tetapi juga akan merasa ketakutan pada Anda dan membaca juga jadi tak karuan.
Anak-anak sangat suka bermain peran atau bermain pura-pura. Salah satu permainan peran yang paling disukai anak-anak adalah bermain dokter-dokteran. Segala isi kotak P3K mulai dari kapas, plester, obat merah, sampai termometer, digunakan anak untuk bermain dokter-dokteran. Bahkan terkadang, alat rumah tangga pun bisa digunakan anak untuk dijadikan seakan-akan alat kedokteran. 😍
Mengajari anak membaca harus dimulai secara bertahap ya Bunda. Sebagai langkah awalnya, Bunda bisa memperkenalkan huruf-huruf abjad kepada si kecil. Mintalah ia untuk mengucapkannya setelah Bunda. Lalu, ajarkan si kecil untuk menghafal urutan hurufnya, mulai dari A hingga Z. Tak perlu langsung semuanya, Bunda bisa mengajarinya menghafal 5 huruf setiap harinya.
Biasakan anak dengan buku sejak kecil, hatta ketika anak masih di dalam kandungan lagi. Deria pendengaran merupakan antara deria terawal yang terbentuk pada bayi dan bayi boleh mendengar suara ibu. Ibu digalakkan untuk mengaji, membaca buku dan berbual-bual dengan anak di dalam kandungan. Jadikan buku sebagai objek yang tidak asing dalam hidup anak-anak. Melentur buluh biarlah daripada rebungnya.

Bobo | Bolasport | BolaStylo | CewekBanget | Fotokita | Grid Games | Grid Health | Grid Hot | Grid Motor | Grid Pop | Grid.ID | Gridoto | Hai | iDEA | Info Komputer | Intisari | Jip.co.id | Juara | MakeMac | Motorplus | Nakita | National Geographic | Nextren | Nova | Otofemale | Otomania.com | Otomotifnet.com | Otorace | Otoseken | Sajian Sedap | Stylo | Suar | SuperBall | Wiken | Gridvoice | GRID Story Factory | KG Media

Cara cepat belajar membaca dan menulis untuk anak yang terakhir adalah dengan melakukan proses pembelajaran ini secara berkala. Jangan berpikir soal lama waktu yang Kita perlukan, tetapi jika Kita melakukan langkah-langkah seperti di atas secara berkala dan rutin setiap hari, maka ini secara tidak langsung akan menciptakan kebiasaan yang baik bagi anak sehingga memperbesar peluang juga anak akan tetap menerapkannya bahkan saat dia dewasa nanti. Jangan lupa berikan selingan dalam setiap pengajaran supaya anak tidak bosan, misalnya, hari ini Kita mengajar anak untuk membaca, besoknya Kita bisa mengajarinya menulis, lalu besoknya lagi Kita bisa mengajarinya untuk mengisi titik-titik atau meniru gambar sederhana seperti gari lurus atau garis melengkung yang telah Kita buat.

Lalu, entah mulai kapan, Aira bisa membaca. Anak ini memang autopilot. Di SD Aira gak mengalami kesulitan sama sekali. Nilainya bagus. Saya gak perlu men-drill atau dikte soal-soal ketika ia mau ulangan, Aira baca sendiri bahan-bahannya di buku. Tidak ada pressure ketika belajar, tambah tinggi tingkat kelasnya, tambah baik nilai Aira. Aira suka membaca, ini yang memudahkan dia dalam belajar. Dia nggak keberatan atau kesulitan ketika membaca buku cetak atau catatan, atau mengerjakan tugas.
Untuk tahap selanjutnya, kita rangkaikan dua suku kata, misalnya k-u d-a. Si anak suruh membaca, tentu saja dia bisa mengucapkan ku-da. Dan dia terheran-heran tidak sadar kalau dia baru saja mengucapkan ku-da. "Kok kuda.. ma... kaya kuda ya ma tulisannya.." Ya memang, dia baru saja membaca kata kuda. dan seterusnya. Jika tahap kedua berhasil dengan baik, maka tahap ketiga ini, bukanlah tahap yang sulit bagi anak, karena pada dasarnya seperti tahap kedua. dan seterusnya, kita pastikan anak paham dan benar proses membaca pada tahap ini. Bisa kita tingkatkan, menjadi 3 suku kata, misalnya se-pa-tu dan seterusnya. Untuk variasi, bisa kita berikan beberapa rangkaian kata yang membentuk kalimat sederhana. Misalnya, sa-ya su-ka se-pa-tu. Dan si anak terheran-heran dengan apa yang barusan dia ucapkan.
Jangan sekali-sekali membentak anak jika ia belum bisa memahami pelajaran atau lambat dalam mengerti. Hal ini hanya akan membuat anak kehilangan fokus dan kehilangan mood untuk belajar. Yang ada perasaan anak menjadi tidak karuan karena dimarahi. Alhasil si anak pun juga akan lebih sulit dalam menerima pelajaran yang diberikan. Sikap keras yang ia dapatkan juga hanya akan menjadi penyebab anak melawan orang tua.
Siapkan beberapa butir kacang hijau dan kacang kedelai. Juga dua buah gelas air mineral bekas, beri label pada masing-masing gelas plastik. Satu untuk kacang hijau, satu lagi untuk kacang kedelai. Ajak si kecil untuk memisahkan butiran kacang hijau dan kacang kedelai dan memasukkan ke tempat yang sudah disiapkan. Beri reward jika si kecil dapat dengan sabar dan teliti memisahkan kedunya. Bisa juga digunakan butiran yang lebih besar, misalkan kelereng. 

Semenjak saya mengusahakan tadika ini pada tahun 2004, bukan sedikit saya mendengar keluhan ibu bapa yang bimbang kerana anak mereka tidak kenal huruf. Ramai yang bimbang anak-anak tidak boleh membaca kerana tidak mengenal huruf. Sedangkan, berdasarkan pengalaman saya, anak-anak yang telah memahami konsep penggabungan bunyi bukan sahaja boleh membaca bahasa Melayu, bahkan dengan mudah boleh membaca Bahasa Inggeris dan Jawi

Cara mengajarkan anak membaca yang ini merupakan cara yang lebih gampang untuk diperaktikkan, serta tentunya masing-masing orang tua kerap memakai cara ini. Ya, pada umumnya orang tua melatih anak membaca huruf abjad disertai dengan dinyanyikan, diawali dari A hingga Z. Metode ini lumayan maksimal, lantaran anak bisa lebih gampang dalam mengingatnya.

Ajarkan suara huruf bersama-sama dengan nama mereka. Suara (atau bunyi) dari huruf sering berbeda dari huruf tersebut. Dalam membaca, suara termasuk hitungan. Misalnya, Anda mengatakan nama suatu huruf (apel) dan dalam membaca apel tersebut akan membuat dua suara, yang satu untuk nama buah dan yang satu lagi untuk kegiatan upacara bendera. Kemudian Anda dapat meminta anak untuk memberikan contoh yang lain.

Mulailah memberikan cerita utuh kepada anak. Kemungkinan, anak Anda sudah bersekolah saat mereka dapat membaca, dan akan diberikan bahan bacaan oleh guru mereka. Bantulah mereka membaca keseluruhan cerita dengan menganjurkan penggunaan fonem eksplisit dan mengenali kosakata. Saat pengenalan kosakata mereka meningkat, mereka akan semakin dapat mengerti plot dan makna cerita.


Dapatkah saya menyakiti anak saya dengan mulai belajar membaca sejak awal? Tentu saja tidak, tapi Anda dapat membantu secara signifikan. Studi yang dilakukan selama tiga puluh lima tahun terakhir menyimpulkan bahwa membaca awal memberikan anak keuntungan yang signifikan di sekolah. Anak-anak yang mulai membaca sebelum belajar mereka mendapat pelajaran tersebut di kelas akan mempertahankan keunggulan mereka dalam membaca dan pemahaman mereka. Pembaca awal juga mungkin lebih unggul dalam mata pelajaran akademis lainnya juga.
Libatkan diri anda bila anak-anak anda sedang membaca. Bila mereka tanya, anda berikan jawapan. Ramai ibu bapa meninggalkan anak-anak bila mereka sudah pandai dan bijak membaca. Mereka lupa, bahawa pembacaan tanpa 'guru' boleh bawa kesesatan. Apabila di rumah, ketika anak-anak membaca, andalah guru mereka. Walaupun mungkin anda tidak faham apa yang mereka baca, hadirnya anda di samping mereka menunjukkan bahawa anda berminat nak tahu apa yang anak-anak sedang baca dan pelajari. Ini satu bentuk sokongan moral dan kasih sayang.
Alangkah seronok apabila melihat anak kecil anda sudah boleh membaca seawal usia 4-5 tahun. Ia tidak mustahil, sebab zaman sekarang sudah bermacam-macam cara, kaedah dan tips boleh anda dapati untuk membolehkan anak anda pandai membaca. Malah, banyak bukti yang tunjukkan dengan teknik tertentu, ada anak yang sudah boleh membaca seawal usia 3 tahun.
Biasakan anak dengan buku sejak kecil, hatta ketika anak masih di dalam kandungan lagi. Deria pendengaran merupakan antara deria terawal yang terbentuk pada bayi dan bayi boleh mendengar suara ibu. Ibu digalakkan untuk mengaji, membaca buku dan berbual-bual dengan anak di dalam kandungan. Jadikan buku sebagai objek yang tidak asing dalam hidup anak-anak. Melentur buluh biarlah daripada rebungnya.

Itulah cara cepat belajar membaca dan menulis untuk anak yang bisa gurudigital.id sampaikan pada kesempatan kali ini. Tetapi, perlu Kita ketahui bahwasanya secepat apapun keinginan Kita agar anak memiliki 2 kemampuan tersebut dan metode apapun yang Kita gunakan, Kita harus tetap bersabar karena proses ini juga membutuhkan waktu untuk berhasil. Kita boleh menekan anak untuk terus berusaha, tetapi sebagai gantinya, berilah sesuatu yang bisa menyenangkan anak dan bisa lebih memotivasi anak untuk tetap semangat melakukannya. Semoga bermanfaat ya bapak/ibu.
Perbanyaklah bersalawat kepada Nabi saw, dan ada begitu banyak jenis salawat yang memungkinkan seseorang untuk dapat melihat Nabi (saw) baik didunia maupun di kuburan mereka. Ketika Malaikat Munkar dan Nakir mengajukan pertanyaan kepadamu maka kalian akan dapat melihat Nabi (saw) tampil untuk membelamu, dan Nabi (saw) akan datang di sana bersama salawat kalian.

Metode ini tidak mengajarkan anak untuk membaca sebuah kata, tetapi mengajarkan membaca rangkaian huruf. Kita tidak mengajarkan untuk membaca kata "kuda", tetapi mengajarkan bagaimana membaca jika huruf s dirangkai dengen huruf u, s-u, kemudian di baca "su". Setelah anak mengerti dan hafal semua karakter huruf latin, bagaimana mengucapkannya, lama-lama anak akan belajar sebuah kesistematisan pembacaan, rangkaian huruf-huruf, terutama huruf konsonan yang dirangkai huruf vokal. Tepatnya, kemudian kita melatih secara perlahan-lahan, pembacaan rangkaian huruf, contoh  :


Wyeth Nutrition mengembangkan produk nutrisi berkualitas premium secara ilmiah untuk melengkapi nutrisi anak-anak. Sebagai pelopor nutrisi, Wyeth Nutrition memiliki misi untuk memberikan asupan dan dukungan nutrisi terbaik untuk kesehatan yang lebih baik. Selama lebih dari 100 tahun, Wyeth Nutrition terus meningkatkan penelitian ilmiah dan uji klinis serta standar keamanan manufaktur kelas dunia untuk memberikan solusi ilmiah dan membantu pertumbuhan anak-anak.
×