Meski cara ini relatif adalah cara lama, menempel abjad ABC di dinding bakal menarik perhatian anak. Begitu mereka sudah tertarik, baru kamu ajarkan bagaimana cara membacanya. Apalagi abjad ABC sekang ini sudah di desain dengan sangat menarik. Kalau anak tidak tertarik, tempel pula beberapa gambar hewan dan buah. Gunakan itub  sebagai media yang menarik anak. Dekat dengan tempat bermain atau tempat tidurnya lebih baik.
Sebagai orang tua, selain harus belajar cara menjadi orang tua yang baik kita juga harus bisa menjadi guru yang baik dan menyenangkan bagi anak. Jadilah guru yang asik agar anak merasa tidak bosan dan tidak jenuh selama belajar dengan kita. Seperti menghadirkan permainan yang menarik dalam proses belajar atau menggunakan benda-benda yang disukai anak.

English: Teach Your Child to Read, Español: enseñar a un niño a leer, Português: Ensinar Seu Filho a Ler, Italiano: Insegnare a Leggere a Tuo Figlio, Deutsch: Deinem Kind das Lesen beibringen, Français: apprendre à lire à votre enfant, Nederlands: Je kind leren lezen, Русский: научить ребенка читать, Čeština: Jak naučit dítě číst, العربية: تعليم طفلك القراءة


Setelah anak belajar membaca, tahan dulu agar si kecil tidak terburu-buru menutup buku. Minta anak Anda untuk menceritakan kembali isi cerita yang telah dibacanya, minimal inti dari cerita. Anda bisa meminta si kecil menyebutkan nama tokoh, nama tempat dan kejadian yang paling seru dalam cerita. Melalui cara ini, logika anak dapat terangsang dengan baik.
Related Items:bagaimana ajar anak membaca, cara ajar anak baca iqra, cara ajar anak baca quran, cara ajar anak membaca abc, cara ajar anak membaca al-quran, cara ajar anak membaca bahasa inggeris, cara ajar anak membaca english, cara berkesan ajar anak membaca, macam mana nak ajar anak membaca, panduan ajar anak membaca, petua ajar anak membaca, tips ajar anak, tips ajar anak bahasa inggeris, tips ajar anak bercakap, tips ajar anak cepat membaca, tips ajar anak membaca, tips ajar anak mengaji, tips ajar anak menulis
Guru Bahasa yang terlatih sepatutnya tahu bahawa mengajar kanak-kanak baca-tulis one-to-one adalah lebih berkesan daripada mengajar kanak-kanak secara berkumpulan(atau satu kelas). Apabila kanak-kanak diajar secara individu, guru dapat memberi perhatian penuh kepada kanak-kanak itu. Tak kiralah kaedah membaca apa sekali pun, pembelajaran one-to-one adalah lebih berkesan. Kemahiran membaca adalah kemahiran kompleks, mesti diajar & dilatih. Macam bawa kereta laa. Bukan setakat one-to-one lebih baik tapi mesti diajar setiap hari sehingga mahir.

Hal penting dalam Cara mengajari anak belajar membaca  yaitu jangan pernah memaksa anak untuk mengerti atau memahami kalimat atau kata yang Anda ajari. Sebab, dengan Anda memaksanya hanya akan membuat anak berontak dan tidak mau menuruti kemauan Anda. Anda hanya perlu memberikan atau mencari cara lain yang mengundang perhatian anak, agar anak mau belajar membaca. Dengan Anda marah memaksa, anak tidak hanya malas membaca tetapi juga akan merasa ketakutan pada Anda dan membaca juga jadi tak karuan.
Tapi ... sejauh manakah anak-anak ini akan kekal gunakan gajet ini untuk membaca. Dari pengalaman sayalah, anak-anak lebih suka pada visual bila gunakan smartphone dan tablet, dari membaca sesuatu darinya. Akhirnya, minat untuk membaca akan pudar. Bila disuruh untuk ulangkaji pelajaran menerusi buku teks yang diberi pinjam oleh kerajaan, mereka akan berdalih dan terasa malas.
Seperti sudah saya singgung diatas bahwa mengajari anak membaca memerlukan kesabaran ekstra dan tidak bisa dilakukan secara instan, semuanya butuh proses. Jadi usahakan jangan terlalu memaksakan kehendak supaya anak bisa cepat membaca, jangan pula membanding-bandingkan anak dengan mereka yang sudah bisa membaca, karena setiap anak punya kekurangan dan kelebihannya masing-masing, ikuti saja alurnya.
Rasa khawatir kerapkali datang ketika menyadari si buah hati tak begitu tertarik dengan bacaan. Sedikit rasa gemas seringkali muncul ketika anak yang diharapkan bisa belajar mandiri, malah lebih suka menonton tv. Bagaimana strategi agar aanak-anak kita bisa dengan sendirinya tumbuh kecintaan terhadap membaca? Strategi apa yang paling tepat agar tak membebani buah hati Anda? Seperti apa seharusnya kemampuan membaca yang diajarkan kepada sang anak?
Gadget tak melulu memberi dampak negatif, sebab Anda bisa mendapat efek positif jika menggunakannya dengan bijak. Manfaatkan perangkat smartphone untuk membaca buku bersama Si Kecil. Sudah tersedia berbagai aplikasi yang menyediakan buku digital dan bisa dibaca melalui gadget secara langsung. Selain dibaca, Anda juga bisa mengajak Si Kecil mendengarkan audiobook atau cerita yang disampaikan oleh seseorang, dengan konsep seperti buku cerita.
#2thnMD AIMI Anna Surti Ariani ASI ASI Eksklusif ASIP Bebitang Black Garlic Breastfeeding diaper bag DIY dr. Meta Hanindita SpA ELC Elly Risman EXPERD FitnFab Gadget hamil ibu bekerja Investasi Komunikasi Marriage menyusui Me Time Mothercare MPASI Pampers parenting Pernikahan Pola Asuh Pregnancy Prita Ghozie Prita Hapsari Ghozie puasa QM Financial resep Sex Education Single Mom Social Media Stay at Home Mom Vera Itabiliana Hadiwidjojo working mom Working Mommies working mother ZAP Finance
Si Kecil juga biasanya merengek ketika ingin mendapatkan perhatian dari Mam atau Pap. Oleh karena itu, sebaiknya orang tua peka dan memberikan perhatian cukup kepada si Kecil. Misalnya, temani si Kecil bermain, menonton televisi, atau membaca buku. Jika merasa diperhatikan, si Kecil tidak akan menuntut perhatian secara berlebihan. Mam bisa menemukan ide-ide permainan seru bersama si Kecil di sini.
×