Contohkan menulis saat mengajarkan anak Anda membaca. Membaca adalah prekursor penting untuk kemampuan menulis, namun saat kemampuan baca anak mulai maju, Anda perlu juga membantu mereka belajar menulis. Anak-anak belajar membaca lebih cepat dan mudah jika mereka belajar menulis di saat yang sama. Memori otot dari huruf, mendengar bunyinya, dan melihatnya dalam tulisan akan mempermudah mereka belajar. Jadi, ajari mereka menulis huruf dan kata.
Lakukan ini dengan amat pelan-pelan agar ia dapat memahami simbol yang tertera di atas kertas dengan lafal yang Anda keluarkan. Setiap perbedaan lafal berarti perbedaan identifikasi simbol. Perlahan ia akan memahami perbedaan arti simbol-simbol (huruf-huruf) ini, termasuk ketika mereka bertalian satu sama lain, merangkai kata yang merujuk definisi tertentu.
Banyaknya video pembelajaran terkait belajar angka, juga huruf yang beredar di pasaran lumayan membantu orang tua untuk melatih anak membaca . Disamping hal tersebut, permainan-permainan mengenai belajar membaca yang disertai gambar yang menarik pula banyak yang bisa diunduh lewat gadget Anda. Lewat media tersebut, akan hendak mau bisa menarik sebab belajarnya tak lagi monoton.
Yang terpenting dan harus dipikirkan oleh para orangtua adalah bagaimana caranya proses belajar ini bisa terasa menyenangkan bagi anak dan anak tidak cepat bosan. Sesuatu yang menyenangkan bagi anak biasanya akan lebih mudah diterima dan dipahami oleh anak. Hindari pula untuk terlalu sering memberi tes, karena hal ini bisa saja membuat anak menjadi cepat pusing dan kehilangan mood.

Ada banyak cara yang lebih menyenangkan dalam mengajari anak-anak membaca, khususnya untuk anak TK. Anak TK pastinya akan suka dengan cara yang menyenangkan misalnya susunan abjad yang berwarna-warni. Mengajari dengan cara yang lebih menyenangkan akan membuat si kecil lebih semangat dalam belajar membaca dan lebih mudah dalam mengingat apa yang telah dibaca.
Kalau terbiasa bawa anak ke shopping center jangan hanya mampir ke toko baju dan mainan. Ajarkan juga kebiasaan baik pada anak. Buat ia jatuh cinta pada buku. Mampirlah ke kedai buku. Biarkan ia melihat-lihat buku, siapa tahu ada yang disukai. Belikan. Tentu itu lebih baik ketimbang membelikan ia mainan yang tidak mendidik. Toh buku sampai kapanpun akan tetap bermanfaat bagi si anak.
×