Memahami mood anak sebelum memulai belajar adalah hal wajib yang harus diperhatikan oleh para orangtua. Jangan sampai ketika sang anak sedang marah, lapar, lelah atau mengantuk kita ajak untuk belajar. Dalam kondisi seperti ini tentu anak akan sulit bahkan tidak mau untuk diajak belajar. Belajar yang menyenangkan akan sangat bergantung pada mood anak.


Jadi telaah kembali apakah cara pengajaran kita sebagai orangtua sudah tepat? Yuk, intip metode cara belajar membaca yang mudah dan efektif dalam buku ‘Abacaga; Cara Praktis Belajar Membaca untuk Anak 4-6 Tahun‘. Cukup dengan 10 menit setiap hari, tanpa mengeja, dan dilengkapi dengan flashcards suku kata yang memudahkan anak belajar membaca. Dapatkan di toko buku terkemuka dan toko buku online sekarang juga!
Memang ini bukanlah hal yang mudah dan tidak semua orang tua mampu mengerjakan PR tersebut, tetapi bukan berarti orang tua bisa lepas tangan. Justru sebaliknya, orang tua harus tetap mengupayakan agar anak bisa tetap semangat dengan proses belajar yang dilakukannya itu. Nah, kali ini, gurudigital.id akan mencoba memberi solusi untuk para orang tua yang ingin anaknya bisa membaca dan menulis dengan cara membagikan cara cepat belajar membaca dan menulis untuk anak seperti berikut ini. Let’s check this out!
Anak-anak sangat suka bermain peran atau bermain pura-pura. Salah satu permainan peran yang paling disukai anak-anak adalah bermain dokter-dokteran. Segala isi kotak P3K mulai dari kapas, plester, obat merah, sampai termometer, digunakan anak untuk bermain dokter-dokteran. Bahkan terkadang, alat rumah tangga pun bisa digunakan anak untuk dijadikan seakan-akan alat kedokteran. 😍
Walaupun sebuah bintang yang dapat ditempelkan diatas kertas sebagai penilaian baiknya/kesungguhannya dalam belajar, ternyata dari kecil saja anak sudah mampu memahami apa itu sebuah pujian/penghargaan. Jangan sungkan-sungkan mengatakan kebenaran kepada anak dan memujinya jika ia memang benar. Tidak salah jika Anda memberikan sesuatu makanan yang disukai anak. Misalnya saja coklat atau roti yang bisa merangsang kemauan anak untuk belajar.
Banyaknya video pembelajaran terkait belajar angka, juga huruf yang beredar di pasaran lumayan membantu orang tua untuk melatih anak membaca . Disamping hal tersebut, permainan-permainan mengenai belajar membaca yang disertai gambar yang menarik pula banyak yang bisa diunduh lewat gadget Anda. Lewat media tersebut, akan hendak mau bisa menarik sebab belajarnya tak lagi monoton.
English: Teach Your Child to Read, Español: enseñar a un niño a leer, Português: Ensinar Seu Filho a Ler, Italiano: Insegnare a Leggere a Tuo Figlio, Deutsch: Deinem Kind das Lesen beibringen, Français: apprendre à lire à votre enfant, Nederlands: Je kind leren lezen, Русский: научить ребенка читать, Čeština: Jak naučit dítě číst, العربية: تعليم طفلك القراءة
Pada hari pertama anda cukup memberinya kartu kategori A saja dan lakukan maksimal 3 kali. Pada hari kedua anda berikan kategori A sebanyak 3 kali dan kategori B sebanyak 3 kali juga. Untuk hari yang ketiga anda berikan tes semua kategorinya, misal kategori A diberikan 3 kali, kategori B 3 kali dan kategori C juga 3 kali. Untuk hari-hari selanjutnya maka dilakukan seperti pada hari ketiga.
Salam.saya masih didalam dilema.sbb anak saya berumur 3thun dan baru didaftarkn ke playschool islamik montessori di kaw rmh saya.saya difahamkan oleh guru nya bahawa sekolah tdika tersebut mengajar kaedah mmbaca phonics bila menginjak 4-6thun.saya mndapat maklumat dr plbagai sumber mngatakan kaedah mmbaca phonics sgt bagus namun bagaimana pula jika dia masuk ke sek.rndah thun 1 memandangkan guru akan guna kaedah lain iaitu mengeja..saya takut jika dia akan keliru..brapa lamakah tempoh keliru.mohon pendapat puan nik ;-) trma kasih~mama iris
Anak-anak biasanya akan lebih mudah memahami bacaan bila memakai alat bantu seperti spidol atau stabillo. Bagi para Ibu sebaiknya mencoba cara ini, cobalah untuk memakai spidol dengan warna yang berbeda agar anak lebih mudah membaca dengan benar sekaligus merupakan cara yang asyik dalam belajar membaca. Hal ini sekaligus bisa dipakai untuk mengajari anak dalam membedakan warna.
Atas apa alasan sekali pun, saya cadang cikgu stop dulu. Buat Lesson Plan untuk mengajar 1 kelas.. then execute. Bila habis kelas, buat penilaian & rumusan. InsyaAllah Pengajaran & Pembelajaran akan lebih hebat. Cikgu-cikgu boleh juga rujuk(ehem beli...) Buku Rancangan Tahunan Bacalah Anakku untuk membantu cikgu buat rancangan tahunan untuk pelajar 4, 5, 6 tahun dan juga pemulihan sekolah rendah.
×